Case 4: HSBC Mendunia dengan CRM

Apa itu HSBC?

HSBC adalah bank lokal di dunia.
Berkantor pusat di London, HSBC adalah salah satu institusi perbankan dan layanan keuangan terbesar organisasi di dunia. jaringan internasional HSBC terdiri dari sekitar 8.000 kantor di 87 negara dan teritori di Eropa, kawasan Asia-Pasifik, Amerika, Timur Tengah dan Afrika.
Dengan listing di London, Hong Kong, New York, Paris dan Bermuda bursa efek, saham di HSBC Holdings plc dimiliki oleh sekitar 220.000 pemegang saham di 124 negara dan wilayah. Saham tersebut diperdagangkan di Bursa Saham New York dalam bentuk American Depositary Receipts.
HSBC menyediakan layanan yang komprehensif keuangan untuk sekitar 100 juta pelanggan melalui empat kelompok pelanggan dan bisnis global: Jasa Keuangan Pribadi (termasuk pembiayaan konsumen), Commercial Banking, Global Banking dan Pasar, dan Private Banking.
Nilai kelompok dan Prinsip Bisnis

Nilai Grup dan Prinsip Bisnis

Karakter HSBC perusahaan mendefinisikan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang melekat dalam semua kegiatan kita sehari-hari.

Sejarah Grup

Grup HSBC memiliki silsilah internasional yang unik. Banyak perusahaan utama yang dibuka untuk bisnis lebih dari satu abad lalu dan mereka memiliki sejarah yang kaya akan keragaman dan prestasi. Grup HSBC adalah nama setelah anggota pendiri, The Hongkong dan Shanghai Banking Corporation Limited, yang didirikan pada tahun 1865 untuk membiayai pertumbuhan perdagangan antara Cina dan Eropa.

Perkembangan Bank

HSBC (asal singkatan yaitu “Hongkong dan Shanghai Banking Corporation”) didirikan di British bekas koloni Hong Kong (Maret 1865) dan Shanghai (satu bulan kemudian) oleh Scotsman Sir Thomas Sutherland (1834-1922).HSBC Holdings plc didirikan pada tahun 1990 menjadi perusahaan induk ke The Hongkong dan Shanghai Banking Corporation dalam persiapan untuk pembelian dari Midland Bank di Britania Raya dan restrukturisasi domisili kepemilikan untuk transfer akan datang kedaulatan Hong Kong ke Cina.HSBC Holdings akuisisi Midland Bank memberikan HSBC Grup kehadiran pasar besar di Inggris yang selesai pada tahun 1992. Sebagai bagian dari kondisi pengambilalihan untuk pembelian Midland Bank, HSBC Holdings plc diminta untuk merelokasi markas dunia dari Hong Kong ke London pada tahun 1993.
Mayor akuisisi di Amerika Selatan dimulai dengan pembelian Banco Bamerindus Brasil sebesar $ 1 miliar Maret 1997 dan akuisisi Roberts SA de Inversiones Argentina sebesar $ 600 bulan Mei 1997.

Pada bulan Mei 1999 HSBC memulai akuisisi utama di Amerika Serikat dengan pembelian Republik Nasional Bank of New York untuk $ 10.3bn.
Ekspansi ke Benua Eropa terjadi pada bulan April 2000 dengan akuisisi Crédit Commercial de France, sebuah bank Perancis besar untuk £ 6.6bn.
Pada bulan Juli 2001 HSBC membeli Demirbank, bank Turki bangkrut.Kemudian pada bulan Agustus 2002 HSBC mengakuisisi Grupo Financiero Bital, SA de CV, bank ketiga terbesar Meksiko ritel sebesar $ 1,1 miliar.

Markas baru HSBC Holdings pada 8 Canada Square, London resmi dibuka pada bulan April 2003.
Kemudian pada bulan September 2003 HSBC membeli Polski Kredyt Bank SA Polandia untuk $ 7.8m.
Pada bulan Juni 2004 HSBC diperluas ke Cina membeli 19,9% Bank Komunikasi Shanghai.
Di Inggris HSBC mengakuisisi Marks & Spencer Jasa Keuangan Retail Holdings Ltd untuk £ 763m pada bulan Desember 2004.
Akuisisi pada tahun 2005 termasuk Metris Inc, sebuah penerbit kartu kredit AS sebesar $ 1,6 miliar pada bulan Agustus dan 70,1% dari Dar Es Salaam Investment Bank of Iraq pada bulan Oktober.
Pada bulan April 2006 HSBC membeli 90 cabang di Argentina Banca Nazionale del Lavoro sebesar $ 155m.
Pada bulan Desember 2007 HSBC mengakuisisi Bank Cina di Taiwan.
Pada bulan Mei 2008 HSBC mengakuisisi IL & FS Investasi, sebuah perusahaan pialang India ritel.

125 Tahun HSBC Di Indonesia

Sebagai perintis perbankan modern di berbagai daerah di Asia, HSBC telah mencatat jarah yang cukup panjang di Indonesia, dimana selama lebih dari 123 tahun HSBC telah melayani nasabah yang ingin mengembangkan peluang perdagangan dan investasi. HSBC (sebelumnya dikenal sebagai The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited) membuka kantornya yang pertama di Indonesia di Jakarta (saat itu bernama Batavia) pada tahun 1884 untuk melayani perdagangan komoditi gula yang sangat penting. Dengan berkembangnya kegiatan usaha, pada tahun 1896 HSBC membuka kantor cabang di Surabaya, kota kedua terbesar di Indonesia yang juga merupakan pelabuhan penting dalam perdagangan gula. Catatan sejarah menunjukkan bahwa sejak sekitar tahun 1878, HSBC telah membuka perwakilan di Semarang, yang merupakan pelabuhan penting ke tiga di Jawa, yang baru dikembangkan menjadi kantor cabang penuh pada tahun 1994. Kegiatan usaha terus berkembang sampai saat terjadinya Perang Dunia Kedua, dimana Bank terpaksa menghentikan kegiatannya di Indonesia, dan pertengahan tahun 1960-an, ketahanan HSBC benar-benar diuji. Setelah berusaha membuka kembali kegiatannya di Indonesia setelah Perang Dunia Kedua dan begitu pula setelah penutupan usahanya pada pertengahan tahun 1960-an, Bank mendapat ijin perbankan baru pada tahun 1968 dimana Bank menjadi semakin kokoh sejak saat itu dan mempertahankan posisinya sebagai salah satu bank asing terbesar yang beroperasi di Indonesia.

Saat ini HSBC Indonesia menawarkan layanan perbankan dan keuangan dengan jangkauan yang luas yang disesuaikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, dari apa yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan multinasional hingga usaha-usaha setempat dan kebutuhan-kebutuhan perorangan bagi masyarakat Indonesia, seperti layanan perbankan perseorangan, korporasi, perbankan komersial (commercial banking), perbankan institusional (institutional banking), treasury capital & markets, serta perbankan syariah (amanah syariah banking). Pada awal 2009, HSBC telah melayani nasabahnya melalui 113 kantor yang tersebar di 10 kota di Indonesia: Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, Solo, Batam, Bogor, Tangerang dan Depok. Hal ini termasuk kantor cabang, HSBC Premier Centre, kantor cabang HSBC Amanah, Express Banking Centres.

http://www.hscb.com

http://www.hsbc.co.id

http://en.wikipedia.org/wiki/Hsbc

This entry was posted in Mini Case. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *