Topik kempat: Identifying Knowledge

Questions:
  1. Apa beda tacit knowledge dan explisit knowledge
  2. Bagaiman proses transfer diantara kedua knowledge tersebut pada orang-orang yang ada di organisasi
  3. Jelaskan beda dan struktur perubahdan dari data, informasi dan knowledge
  4. Jelaskan beda, maksud dan isi dari 3 model dasar Knowledge management (People, process dan technology)
  5. Jelaskan core process dari KM ?

answer:

1.  Menurut saya Perbedaan antara Tacit knowledge dan explisit knowledge adalah   :

  • Tacit knowledge merupakan knowledge yang susah untuk di pelajari dengan buku atau referensi lain atau dengan data sendiri, tacit knowledge bisa di pelajari dengan pengalaman langsung atau dengan pemahaman mendalam langsung ke uji coba sendiri.
  • Kalau explicit knowledge merupakan knowledge yang mudah di pelajari sendiri melalui internet, buku atau yang sudah di dokumentasikan.

2.  Proses transfer kedua knowledge ini di dalam organisasi :

  • Tacit knowledge dengan mengadakan presentasi dan men-sosialisasikan suatu sistem ke semua karyawan atau organisasi di dalam sebuah perusahaan.
  • Explicit knowledge, dengan system ini perusahaan bisa memberikan buku reference kepada karyawan atau organisasi untuk mempelajari sendiri dan mengembangakan system tersebut.

3.  Beda dan Struktur perubahan dari data, Informasi dan knowledge sebagai berikut :

  • Data merupakan uraian dasar peristiwa yang belum diolah dan belum mempunyai arti.

Contoh : Data nama customer di sebuah perusahaan pada tahun 2005

  • Informasi merupakan data yang sudah diolah dan mempunyai arti sehingga mempunyai nilai khusus untuk si penerima.

Contoh : accounting mengecek piutang customer pada tahun 2009 sampai tahun 2010, Informasi piutang keluar dan accounting tahu sisa piutang customer tahun 2010.

  • Knowledge Merupakan data dan informasi yang di proses untuk mendapatkan   pengetahuan, pengalaman dan pembelajaran sehingga bisa memecahkan masalah yang ada di perusahaan.

Contoh : Dari informasi sisa piutang customer yang belum melebihi batas, staff purchasing bisa memberikan barang baru kepada customer tersebut.

4.  Perbedaan dari 3 model dasar knowledge management adalah :

  • Ketiga dasar knowledge managemen ini merupakan hal yang saling terkait dan terhubung, inti untuk menjalankan CMK adalah people, proses dan technology dimana people berfungsi sebagai pemeran utama dalam membantu para perintis dan leader dalam pensuksesan KM, membuat para karyawan atau orang – orang yang terhubung tidak ada  batasan jarak dan waktu untuk keberhasilan menjalankan sebuah CMK.
  • Proses disini berfungsi untuk mendokumentasikan knowledge yang ada pada people sehingga knowledge bisa di pakai untuk banyak orang sehingga knowledge tersebut tidak putus di satu orang saja atau kelompok, karena knowledge untuk memajukan perusahaan adalah asset terbesar bagi perusahaan.
  • Technology adalah hal yang penting yang harus di miliki oleh perusahaan di zaman sekarang, technology merupakan pendukung untuk membantu dalam penyebaran knowledge , untuk memudahkan tersebarnya informasi yang akurat dan mudah di akses technology harus berbasis web agar mudah si akses oleh semua karyawan.

5.  Core prosess dari KM ada 6 tahap, tahap pertama adalah :

  • Knowledge Identification, dalam tahap pertama ini proses pengidentifikasian tentang knowledge perusahaan dimulai dari dalam perusahaan untuk mendapatkan transparasi yang di milikin dari dalam perusahaan.
  • Knowledge Acquisition ini bisa di dapatkan dari luar perusahaan , karena perusahaan perlu melihat knowledge dari luar yang selama ini belum ada dari dalam perusahaan yang berguna untuk membangun perkembangan dan keahlian perusahaan.
  • Knowledge Development, ketika knowledge dari luar dan dari dalam perusahaan terkumpul, disini tempat mengelola knowledge tersebut sehingga tercipta inovasi, ide, keahlian baru untuk menciptakan proses yang lebih maju dan cepat.
  • Knowledge Sharing / Distributor, berguna untuk memastikan bahwa knowledge yang sudah ada berjalan sesuai dengan fungsinya dan memastikan proses – proses knowledge tersebut sudah di jalankan oleh pihak yang benar.
  • Knowledge Utilization , Setelah semua knowledge sudah sesuai dengan fungsinya masing – masing tahapan berikut adalah knowledge harus  di gunakan secara efektif dan  efisien untuk meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.
  • Knowledge Retention , Dalam tahap ini knowledge yang ada harus dapat di pastikan sudah berjalan sesuai dengan system yang ada dan knowledge yang ada di perusahaan sudah di dokumentasikan sehingga kalau ada karyawan yang berhenti, knowledge tidak terputus atau hilang dari perusahaan.
This entry was posted in Tugas Individu Knowledge Management. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *